Selasa, 22 Oktober 2013

LP compiere 2

1. Apa yang kalian ketahui tentang sales order ?
  • Sales order : modul penjualan dari suatu pemesanan.
2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam dokumen pada sales order !
  • proporsal : penawaran tidak mengikat, yang dapat dikonversi secara manual ke jenis dokumen penjualan lainnnya.
  • quotation : penawaran megikat, secara otomatis mencadangka stok barang dan dapt dikonversi ke jenis dokumen penjualan lainnya.
  • standart order : secara otomatis mencadangkan stok barang.
  • warehouse order :barang-barang yag diambil dengan suatu delivery note .
3. jelaskan tentang invoice !
  • invoice : dokumen  yang digunakan untuk pernyataan tagihan yang harus dibayar customer.
4. jelaskan tentang report !
  • report : menampilkan report data yang diinputkan.

Jumat, 11 Oktober 2013

UML

            Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa pemodelan untuk menspesifikasikan,  memvisualisasikan, membangun dan mendokumentasi objek-objek dari sistem software untuk urusan pemodelan dan sistem non-software.UML merupakan sistem arsitektur yang bekerja dalam Object Oriented Analisis and Desain (OOAD).
       UML merupakan bahasa pemodelan paling sukses dari tiga object oriented yang telah ada sebelumnya, yaitu Booch, OMT, dan OOSE. UML merupakan kesatuan dari ketiga model pemodelan tersebut ditambah kemampuan lebih karena mengandung metode tambahan untuk mengatasi masalah pemodelan yang tidak dapat ditangani ketiga model tersebut.Dengan menggunakan UML dapat membantu tim proyek berkomunikasi, memeriksa potensi desain dan mensahkan arsitektur desain software.
Beberapa literatur menyebutkan bahwa UML menyediakan sembilan jenis diagram, tetapi ada juga yang menyebutkan delapan, karena ada beberapa diagram yang digabung, misalnya diagram komunikasi, diagram urutan dan diagram pewaktuan digabung menjadi diagram interaksi. Namun, model-model diagram tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya yaitu stastis atau dinamis. Jenis diagram tersebut antara lain : 

  1. Diagram Kelas (Class Diagram). Bersifat statis, diagram ini memperlihatkan himpunan kelas-kelas, antarmuka-antarmuka, kolabirasi-kolaborasi, serta relasi-relasi. Umumnya dijumpai pada pemodelan system berorientasi objek. 
  2. Diagram Paket (Package Diagram). Bersifat statis, diagram ini memperlihatkan kumpulan kelas-kelas.  
  3. Use CaseDiagrammerupakan serangkain langkah yang menggambarkan interaksi antar user dan system yang saling terkait.  Use Case digunakan untuk menunjukan hubungan (relationship) antar actor sebagai pengguna sistem dengan Use Case yang digunakan.
  4. Activity Diagrammemperlihatkan aliran dari suatu aktifitas ke aktifitas lainnya dalam suatu system. Diagram ini sangat penting digunakan dalam pemodelan fungsi-fungsi suatu system dan memberi tekanan pada aliran kendali antar objek.  
  5. Sequence Diagram. Bersifat dinamis, merupakan gambaran interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem. Sequence diagram juga digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkain langkah-langkah apayang seharusnya terjadi sebagai respon dari sebuah event untuk menghasilkan sesuatu didalam use case sebagai output. 
  6. Diagram Komunikasi (Communication Diagram). Diagram ini menekankan structural dari objek-objek yang menerima dan mengirim pesan. 
  7. Diagram Statechart. Memperlihatkan keadaan-keadaan pada system, memuat status (state), transisi, kejadian serta aktifitas. Selain itu diagram ini juga penting untuk memperlihatkan sifat dinamis dari antarmuka (interface), kelas, kolaborasi dan pada pemodelan system-sistem yang reaktif. 
  8. Diagram Komponen. Memperlihatkan organisasi serta kebergantungan system/perangkat lunak pada komponen-komponen yang telah ada sebelumnya. Diagram ini berhubungan dengan diagram kelas dimana komponen secara tipikal dipetakan ke dalam satu atau lebih kelas-kelas, antarmuka-antarmuka serta kolaborasi-kolaborasi. 
  9. Diagram Deployment (Deployment Diagram). Diagram ini memperlihatkan konfigurasi saat aplikasi dijalankan (run time). Memuat simpul-simpul beserta komponen-komponen yang ada didalamnya. Diagram ini berhubungan erat dengan diagram komponen dimana diagram ini memuat satu atau lebih komponen-komponen.  


sumber : Prabowo Pudjo Widodo Herlawati, UML Secara Luas Digunakan untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi Objek, Informatika, Bandung, 2011.

Lira | 14110044 | 4KA17

Manfaat dan kerugian Telematika

Seperti yang sudah dijelaskan di tulisan blog ini sebelumnya terdapat beberapa ragam bentuk telematika yang dapat dimanfaatkan bagi masyrakat banyak antara lain dalam bidang pendidikan, asosiasi, para pengamat, dan industri itu sendiri.
  1. Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
  2. Manfaat internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
  3. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat luas.
  4. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
  5. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
  6. Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan
Setelah kita mengetahui apa saja manfaat dari telematika tersebut, sekarang kita akan melihat kerugian dari penggunaan telematika, yaitu sebagai berikut :
  1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntunganpribadi.
  2. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
  3. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
  4. Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
  5. Kejahatan telematika merugikan Negara, misalnya: Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional.

sumber : http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan-penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/

Lira | 14110044 | 4KA17

Ragam Bentuk Telematika

Terdapat beberapa ragam bentuk dari telematika, yaitu :
  1. E-goverment. E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya. Selain itu,  E-goverment dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs online.
  2. E-commerce. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan membeli pulsa.
  3. E-learning. Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs. contoh : Di DKI Jakarta, proses perencanaan pembelajaran dan penilaian sudah melalui sarana internet yang dikenal sebagai Sistem Administrasi Sekolah (SAS) DKI, dan ratusan web yang menyediakan modul-modul belajar, bahan kuliah, dan hasil penelitian tersebar di dunia internet. Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, etechnology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya. Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.
  4. Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika. Interface dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time. Salah satu fitur yang terdapat pada interface telematika seperti : Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System).



sumber : http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan-penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/

Lira | 14110044 | 4KA17

Apa itu telematika ?

Telematika merupakan singkatan dari telekomunikasi dan informatika. Dimana Telekomunikasi dapar diartikan teknik pengiriman atau penyampaianinformasi dari suatu tempat ke tempat lain. sedangkan informatika mempunyai artian sebagai
disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. 


Jadi ada beberapa pemahaman tentang telematika yaitu sebagai berikut :
  1. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. 
  2. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
  3. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).







sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika
http://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi
http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15747/Tayangan+Peng-Telematika.pdf


Lira | 14110044 | 4KA17