Minggu, 13 Januari 2013

database


Pengertian Database

1.Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputersecara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu programkomputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
2.Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungandisimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan(redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
3.Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada
suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
4.Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatuorganisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secaraterintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputersehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna
Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) databasedisebut Database Management System (DBMS) atau jika diterjemahkan kedalambahasa indonesia berarti “Sistem Manajemen Basis Data”.  Bahasa Dalam DBMS   Data Definition Language (DDL), dan Data Manipulation Language (DML)( terdiri dari Procedural DML dan Non Procedural 
Komponen  DBMS  terdiri dari, Query Processsor, Database, ManagerFile, ManagerDML Preprocessor, DDL Compiler, Dictionary Manager 
PENGGUNA DATABASE
a.      System Engineer
b.            Database Administrator (DBA)
·         Tugas DBA
·         Program Utility yang digunakan oleh DBA
-          Loading Routines
-          Reorganization Routines
-          Journaling Routines
-          Recovery Routines
-          Statistical Analysis Routines
c.             Programmer
Pemakai Akhir (End-user)


Arsitektur Database Sistem

·         Tingkat Eksternal (External Level) adalah Menerangkan view basis data dari sekelompok pemakai.
·         Tingkat Konseptual (Conseptual Level) yaitu Menerangkan informasi basis data secara me-nyeluruh dengan menyembunyikan penyimpan-an data secara fisik.
·         Tingkat Internal (Internal Level) yaitu Menerangkan struktur penyimpanan basis data secara fisik dan organisasi file yang digunakan.
Ini adalah 12 tipe database antara lain,
1.      Operational database. Database ini menyimpan data rinci yang diperlukan untukmendukung operasi dari seluruh organisasi. Mereka juga disebut subject-area databases (SADB), transaksi database, dan produksi database. Contoh: database pelanggan, database pribadi, database inventaris,akuntansi database.
2.      Analytical database. Menyimpan data dan informasi yang diambil dari operasional yang dipilih dan eksternal database.
3.      Data warehouse.  Menjadi sumber utama data yang telah diperiksa, diedit, standard an terintegrasi, sehingga dapat digunakan oleh user.
4.      Distributed database. Mencangkup dua segmen yaitu operasional dan user database, biasanya untuk kantor cabang, pabrik pabrik, dll.
5.      End-user database. Terdiri dari beberapa file data yang dikembangkan oleh end-user di workstasiun mereka. Contoh, koleksi dokumen dalam spreadsheet, word processing dan bahkan download file.
6.      External database. Menyediakan akses ke eksternal, data milik pribadi online tersedia untuk biaya kepada pengguna akhir dan organisasi dari layanan komersial.
7.      Hypermedia databases on the web. Kumpulan dari halaman-halaman multimedia yang saling berhubungan di sebuah situs web. Terdiri dari home page dan halaman hyperlink lain dari multimedia atau campuran media seperti, teks, grafik, gambar foto, klip video, dll.
8.      Navigational database. Queries menemukan benda terutama dengan mengikuti referensi dari objek lain.
9.      Document-oriented database. Program computer yang dirancang untuk aplikasi berorientasi dokumen.
10.  Ral-time database. System pengolahan yang dirancang untuk menangani beban kerja Negara yang dapat berubah terus menerus.real-time processing berarti bahwa transaksi dproses cukup cepat bagi hasil untuk kembali dan bertindak segera. Database ini berguna untuk akuntansi, perbankan, hukum, catatan medis, multimedia, control proses, system reservasi, dan analisis data ilmiah.
11.  Relational database. Database yang paling umum digunakan saat ini. Menggunakan meja untuk informasi struktur sehingga mudah untuk mencari.
12.  In-memory database. Mengakses data dalam menyediakan memori lebih cepat dan lebih dapat diprediksi kinerja dari disk. Dalam aplikasi dimana waktu respon sangat penting, seperti peralatan jaringan telekomunikasi yang mengoperasikan system darurat, database memori utama yng sering digunakan.
Database mempunyai dua varian model, yaitu
a)      Post-relational database models. Model datanya tidak dibatasi oleh prinsip informasi yang mana mewakili semua informasi dengan nilai nilai data dalam kaitannya dengan hal itu.
b)      Object database models. Database ini berusaha untuk membawa dunia database dan aplikasi dunia pemrograman lebih dekat bersama sama, khususnya dengan memastikan bahwa database menggunakan jenis system yang sama seperti program aplikasi. Bertujuan untuk menghindari overhead(ketidakcocokan impedansi) untuk mengkonversi informasi antara perwakilan didatabase(misal sebagai baris dalam table) dan perwakilan di program aplikasi(sebagai objek)/ pada saat yang sama objek database berupaya untuk memperkenalkan ide ide kunci dari program objek, seperti encapsulation dan kedalam dunia database.






Sumber :
http://d_ikasari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.6




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar