Kamis, 06 Juni 2013

contoh paragraf generalisasi, analogi, sebab-akibat

Paragraf Generalisasi merupakan proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fakta atau gejala khusus yang diamati lalu ditarik kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejala yang diamati itu. Secara umum, generalisasi adalah pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati.
contoh :
sebuah perusahaan memiliki omset 20juta pada tahun 2013, sedangkan pada tahun sebelumnya yaitu 2012 memiliki omset 15 juta. Dapat disimpulkan bahhwa perusahaan ini mengalami kenaikan omset sebesar 5juta pada tahun 2013, dan menandakan bahwa kinerja yang dimiliki oleh perusahaan ini bagus dan efisien.

Paragraf Analogi merupakan proses penalaran yang berdasarkan pada pembagian dan terhadap sejumlah gejala khusus yang memiliki kesamaan, kemudian ditarik kesimpulan. Paragraph ini juga susah untuk dimengerti.
contoh :
Perubahan alam semesta yang mengembang dapat dijelaskan dan disimpulkan dari apa yang terjadi pada balon karet yang dikembungkan. Sebelumnya, balon karet itu diwarnai. Ketika dikembungkan, warna pada balon karet itu ikut mengembang. Semakin besar balon itu mengembang, semakin pudar warnanya. Warna itu memudar karena warna makin berkurang dan mengembang. Cahaya bintang-bintang di angkasa juga semakin berkurang intensitasnya. Para ahli menyimpulkan bahwa bintang-bintang itu makin menjauh dari kita dan alam semesta pun mengembang



Paragraf Sebab Akibat merupakan penalaran yang dimulai dengan mengemukakan fakta yang berupa sebab dan sampai pada kesimpulan yang merupakan akibat.
contoh:

Sekarang ini bencana banjir bukan menjadi hal yang mengejutkan lagi dan sudah terjadi dimana-mana baik itu dikota maupun dipedesaan, dataran rendah dan dataran tinggi. Seperti halnya didaerah Jakarta, tingkat kapasitas banjir semakin marak disudut-sudut ibukota ini. Padahal pada zaman dolo daerah Jakarta jarang sekali terkena bencana banjir. Apabila hujan turun dengan derasnya dalam hitungan menit daerah ini sudah menjadi seperti bendungan air hujan, ketinggiannya pun bisa merendam rumah-rumah pemukiman warga. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini disebabkan oleh ulah dari manusia itu sendiri. Seperti membuang sampah sembarangan, tidak membersihkan got-got, berkurangnya tingkat populasi alam, pembangunan gedung-gedung, dsb.



sumber :
http://dedisetiawan.com/mengenal-paragraf-induktif-deduktif-generalisasi-analogi-dan-sebab-akibat/
http://carapedia.com/paragraf_analogi_info697.html




nama : Lira Elvani
np, : 14110044
kelas: 3KA17

1 komentar:

  1. Maaf untuk contoh paragraf sebab akibat saya rasa itu lebih condong ke arah akibat sebab. Terima kasih

    BalasHapus