Minggu, 23 Juni 2013

jurnal sistam basis data



Jurnal Sistem Basis Data

        I.            Abstrak
Data didalam suatu organisasi/perusahaan merupakan aspek yang sangat bagi kepentingan kegiatan organisasi/perusahaan tersebut. Oleh karena itu,  diperlukan penyusunan basis data baik dan benar agar mampu memenuhi kebutuhan akan informasi bagi para pemakai dan pengambil keputusan. Pemahaman tentang suatu basis data sangatlah penting agar memberikan kerangka kerja, arah kerja dan berfikir, bersikap dan bertindak secara obyektif dalam menghadapi perkembangan , kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.

      II.            Pendahuluan
Basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).
   III.            Tujuan
Untuk memahami tentang konsep basis data, komponen yang ada didalam system basis data tersebut dan kekurangan serta kelebihan dari system basis data itu.
   IV.            Pembahasan
Pada suatu organisasi atau perusahaan, basis data merupakan susunan record data operasional lengkap dari suatu org=anisasi/perusahaan yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan meode tertentu pada computer sehingga mampu memenuhi informasi optimal yang diperlukan oleh pemakai dan Database Management System (DBMS). DBMS adalahbsebuah perangka lunak yang mengatur dan mengontrol akses dari dank e basis data dan sebuah program yang berinteraksi dengan basis data.
Komponen-komponen yang terdapat pada system basis data yaitu:
1.      Data. Disimpan secara terintegrasi, artinya basis data merupakan gabungan dari berbagai macam file aplikasi yang berbeda yang disusun dengan menghilangkan bagian-bagian rangkap.
2.      Perangkat keras. Con : alat input/output, komunikasi data,dll.
3.      Perangkat lunak. Penghubung antara pengguna basis data.
4.      Pengguna. Dibagi jadi 4 kategori yaitu system engineer(tenaga ahli), Database Administrator(DBA), Programmer, pengguna akhir (user).
System basis data mempunyai keuntungan bagi para pemakinya seperti, terkontrolnya kerangkapan data, terpeliharanya keselarasan data apabila data terjadi perubahan / berbeda, data dapat dipakai bersama, dapat diterapkan standarisasi, keamanan data terjamin, terpeliharanya integritas data, terpeliharanya keseimbangan data, dan data independence.
Selain system data ad keuntungan pasti ada kekurangannya seperti storage yang digunakan besar, dibutuhkan tenaga yang terampil dalam mengola data, perangkat lunak yang mahal, kesukan pada system basis data dapat mempengaruhi departemen lain yang terkait.
      V.            Kesimpulan
Sebuah system basis data sangatlah penting digunakan untuk didalam suatu organisasi atau perusahaan guna menjaga keselarasan anatar data supaya tidak terjadi kerangkapan data.



Sumber :
buku Sistem Basis Data 1, Universitas Gunadarma


NAMA             : LIRA ELVANI
KELAS             : 3KA17
NPM                : 14110044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar