Rabu, 30 April 2014

Pelecehan Seksual Itu Melanggar HAM

Kasus pelecehan seksual yang menimpa murid Taman Kanak-Kanak (TK) di Jakarta Internasional School (JIS) hingga saat ini masih menjadi buah bibir masyarakat. Perkembangan kasus tersebut belum berhenti bergulir, sehingga membuat sebagian masyarakat memberikan kesan negatif kepada sekolah bertaraf internasional itu.
Tetapi, menurut para siswa, apa sih pelecehan seksual itu?

Siswi SMK Bhakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung, Intan Nurjanah, melihat pelecehan seksual sebagai tindakan seseorang yang tidak menghargai orang lain, khususnya yang berhubungan dengan daerah tubuh yang sensitif.

"Contohnya kalau cowok suka pegang-pegang dan peluk-peluk perempuan padahal perempuan itu tidak menginginkannya. Itu tidak menghargai perempuan," ujar Intan saat berkunjung ke Redaksi Okezone, Rabu (30/4/2014).

Siswi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) itu melanjutkan, pelecehan seksual juga merupakan perilaku dan kelakuan seenaknya, serta termasuk melanggar hak asasi manusia (HAM) orang lain. Selain itu, menurut siswa SMK Bhakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung, Mukti Alimin, pelecehan seksual merupakan perenggutan suatu hak dari seseorang secara paksa. "Pelecehan seksual bisa terjadi di lingkungan sekitar, seperti teman sendiri bisa saja melakukan hal tersebut," ucapnya.

Mukti pun berkomentar mengenai kasus pelecehan seksual yang menimpa murid TK di JIS. Menurutnya, kejadiannya tersebut sangat tragis, karena pelecehan seksual tersebut menimpa anak kecil.

http://kampus.okezone.com/read/2014/04/30/560/978256/pelecehan-seksual-itu-melanggar-ham

1 komentar: