Kamis, 26 Juni 2014

Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati adalah keseluruhan kekayaan makhluk hidup yg ada dimuka bumi termasuk didalamnya materi genetik dan ekosistem yang terbentuk karenanya.

Tingkat keanekaragaman hayati yaitu :
  1. Tingkat Gen(plasma Nutfah) > variasi atau perbedaan sifat dan penampilan individu-individu dalam satu varietas/antar varietas dalam satu spesies. con : kelapa gading, kalapa ijau, kelapa kopyor
  2. Tingkat Jenis ( spesies) > perbedaan sifat dan penampilan antar individu berbeda spesies dalam satu familia. con : pagi, gandum, sorgum
  3. Tingkat Ekosistem > macam variasi yang ada diprmukaan bumi disebabkan ole perpaduan antara unsur biotik yang bervariasi dengan faktor abitotik yang beranekaragam seperti perbedaan suhu, kelembaban,pH, salinitas,kecepatan angin. con : tumbuhan kelapa banyak tumbuh dipantai.
Upaya pelestarian keanekaragaman hayati :
  1. pelestarian insitu : upaya pelestarian SDAH di habitat atau tempat aslinya, con pelestarian bunga raflesia di Taman Nasional Bengkulu.
  2. Pelestarian Eksitu : upaya pelestarian yang dilakukan dengan memindahkan ke tempat lain yang lebih cocok bagi perkembangna kehidupnnya, con : penangkaran jalak Bali di kebun binatanng wonokromo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar