Minggu, 17 Maret 2013

pengalaman membangun sistem informasi



             Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan sebuah pengalaman dalam membangun system informasi guna memenuhi tugas mata kuliah “Analisa dan Perancangan Sistem”. Sejak semester 1 sampai dengan semester 6 (sekarang ini) banyak sekali aplikasi dan sistem informasi yang pernah saya buat dari yang sederhana sampai yang cukup membuat otak saya muter-muter untuk menyelesaikannya. 

             Dalam membuat system informasi saya menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman dimulai dari Quick Basic / Basic, Pascal, Cobol, C++ dan bahasa C, VB, Dreamweaver, Java, Oracle (semester ini akan dipelajari), dll.

              Waktu tingkat satu dosen saya memberikan tugas untuk membuat sebuah aplikasi DNS seperti di studentsite kita dengan menggunakan bahasa pemrograman Pascal. Untuk membuat kodingannya saya terkadang mencari-cari resensinya digoogle dan bertanya kepada teman-teman, lalu saya coba. Saya membuatnya sampai larut malam karena error terus. Tapi akhirmya program tersebut dapat berhasil saya selesaikan dan dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh dosen tersebut.

               Dalam pembuatan sebuah aplikasi atau system tersebut banyak sekali kesulitan yang saya alami, salah satunya yang paling membuat otak saya pusing adalah dalam hal melakukan pengkodingannya. Apalagi ketika program sudah error / debug. Kurang satu tanda saja seperti tanda titik (.), tanda koma (,),  tanda titik koma (;) saja bisa membuat sebuah program tidak dapat dijalankan. Tapi itulah yang menimbulkan rasa penasaran saya sehingga termotivasi untuk terus mencoba dan mencoba lagi hingga dapat menyelesaikannya.







Nama : Lira Elvani
Kelas : 3KA17
NPM : 14110044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar