1. Jelaskan apa yang dimaksud Java Desktop dan Java Mobile !
Java desktop adalah software teknologi yang membuat
dan menjalankan perangkat lunak pada komputer atau pada lingkup jaringan.
Java mobile adalah software teknologi yang membuat dan menjalankan perangkat lunak pada handphone atau gadget sejenis lainnya.
2. Apa yang dimaksud dengan class dan object dan berikan contoh dalam bentuk program sederhana?
Ø Class –> suatu template/cetakan yang berisi attribute dan method. Pada contoh di atas Member dan Main adalah sebuah class.
Ø Object –> instance dari sebuah class yang terbentuk ketika kita menggunakan keyword new. Object yang terbentuk dari sebuah class akan memiliki hak akses terhadap keseluruhan isi class.
Ø Contohnya :
*Manusia.java*/
//Mendefinisikan class Manusia
public class Manusia
{
private String nama;
//construktor
public Manusia()
{
this("");
}
//construktor
public Manusia(String nama)
{
this.nama = nama;
}
//method
public String getNama()
{
return nama;
}
//method
public void bilangHelloKe(Manusia m)
{
System.out.printf("%s: Hello %s\n", getNama(), m.getNama());
}
{
private String nama;
//construktor
public Manusia()
{
this("");
}
//construktor
public Manusia(String nama)
{
this.nama = nama;
}
//method
public String getNama()
{
return nama;
}
//method
public void bilangHelloKe(Manusia m)
{
System.out.printf("%s: Hello %s\n", getNama(), m.getNama());
}
3. Dalam perintah java memeliki 2 Decision – making statement yaitu if-else dan switch, jelaskan fungsi dari kedua statement tersebut dan berikan contoh program sederhananya !
Ø If-else, Digunakan jika kedua pernyataan memiliki hak yang sama atau prioritas yang sama. Jika bernilai True maka akan mencetak nilai benar jika bernilai false maka akan mencetak nilai salah. Contoh :
import
java.util.Scanner;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
int data;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print(“Masukkan data : “);
data = sc.nextInt();
if (data > 60)
System.out.println(“Cukup”);
else if (data > 40)
System.out.println(“Kurang”);
else
System.out.println(“Sangat Kurang”);
}
}
Ø Switch, untuk memeriksa nilai-nilai yang mungkin dari sebuah ekspresi. Ekspresi yang diperiksa harus bertipe int, short, char atau byte. Contoh :
import
java.io.*;
class SwitchCase{
public static void main(String [] args)throws IOException{
BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.println("=====Menghitung Grade Huruf Mutu=====");
System.out.print("Masukkan Huruf Mutu Anda (A,B,C,D,E) : ");
String str= input.readLine();
switch (str){
case "A":
System.out.println("Range nilai 75 sampai 100");
break;
case "B":
System.out.println("Range nilai 65 sampai 74");
break;
case "C":
System.out.println("Range nilai 55 sampai 64");
break;
case "D":
System.out.println("Range nilai 45 sampai 54");
break;
case "E":
System.out.println("Range nilai 0 sampai 44");
break;
default:
System.out.println("Data yang diinputkan salah");
}
}
}
class SwitchCase{
public static void main(String [] args)throws IOException{
BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.println("=====Menghitung Grade Huruf Mutu=====");
System.out.print("Masukkan Huruf Mutu Anda (A,B,C,D,E) : ");
String str= input.readLine();
switch (str){
case "A":
System.out.println("Range nilai 75 sampai 100");
break;
case "B":
System.out.println("Range nilai 65 sampai 74");
break;
case "C":
System.out.println("Range nilai 55 sampai 64");
break;
case "D":
System.out.println("Range nilai 45 sampai 54");
break;
case "E":
System.out.println("Range nilai 0 sampai 44");
break;
default:
System.out.println("Data yang diinputkan salah");
}
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar