Senin, 24 Juni 2013


1. Jelaskan apa yang dimaksud Java Desktop dan Java Mobile !

Java desktop adalah software teknologi yang membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer atau pada lingkup jaringan.

Java mobile adalah software teknologi yang membuat dan menjalankan perangkat lunak pada handphone atau gadget sejenis lainnya.

2.      Apa yang dimaksud dengan class dan object dan berikan contoh dalam bentuk program sederhana?
Ø  Class –>  suatu template/cetakan yang berisi attribute dan method.  Pada contoh di atas Member dan Main adalah sebuah class.
Ø  Object –> instance dari sebuah class yang terbentuk ketika kita menggunakan keyword new. Object yang terbentuk dari sebuah class akan memiliki hak akses terhadap keseluruhan isi class.
Ø  Contohnya :
*Manusia.java*/
//Mendefinisikan class Manusia
public class Manusia
{
    private String nama;
    //construktor
    public Manusia()
    {
        this("");
    }
    //construktor
    public Manusia(String nama)
    {
        this.nama = nama;
    }
    //method
    public String getNama()
    {
        return nama;
    }
    //method
    public void bilangHelloKe(Manusia m)
    {
        System.out.printf("%s: Hello %s\n", getNama(), m.getNama());
    }

3.      Dalam perintah java memeliki 2 Decision – making statement yaitu if-else dan switch, jelaskan fungsi dari kedua statement tersebut dan berikan contoh program sederhananya !
Ø  If-else,  Digunakan jika kedua pernyataan memiliki hak yang sama atau prioritas yang sama. Jika bernilai True maka akan mencetak nilai benar jika bernilai false maka akan mencetak nilai salah. Contoh :
import java.util.Scanner;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
int data;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print(“Masukkan data : “);
data = sc.nextInt();
if (data > 60)
System.out.println(“Cukup”);
else if (data > 40)
System.out.println(“Kurang”);
else
System.out.println(“Sangat Kurang”);
}
}
Ø  Switch, untuk memeriksa nilai-nilai yang mungkin dari  sebuah ekspresi. Ekspresi yang diperiksa harus bertipe int, short, char atau byte. Contoh :
import java.io.*;
class SwitchCase{
    public static void main(String [] args)throws IOException{
    BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        System.out.println("=====Menghitung Grade Huruf Mutu=====");
        System.out.print("Masukkan Huruf Mutu Anda (A,B,C,D,E) : ");
        String str= input.readLine();
      
        switch (str){
        case "A":
            System.out.println("Range nilai 75 sampai 100");
            break;
        case "B":
            System.out.println("Range nilai 65 sampai 74");
            break;
        case "C":
            System.out.println("Range nilai 55 sampai 64");
            break;
        case "D":
            System.out.println("Range nilai 45 sampai 54");
            break;
        case "E":
            System.out.println("Range nilai 0 sampai 44");
            break;
        default:
            System.out.println("Data yang diinputkan salah");
        }
    }
}
4.      Analisalah program dibawah ini dan berikan penjelasan arti pada setiap tanda “ ? “ kemudian tuliskan hasil output dari program ini :
Ø  class ArrayCopyDemo { // ? <<< , sebuah nama class dari suatu program yaitu ArrayCopyDemo.
Ø  public static void main(String[] args) { // , Awal program dijalankan
Ø  char[ ] copyFrom = { 'd', 'e', 'i', 'n', 't', 'e', 'r', 'm', 'i', 'l', 'a', 'n', 'o' }; //  , sebuah Array bertipe Char yg bernama copyFrom
Ø  char[ ] copyTo = new char[7]; //  , membuat sebuah array yg bertipe char yang bernilai 7 index
Ø  System.arraycopy(copyFrom, 2, copyTo, 0, 5); //   , mengcopy kan berasal dari arrayCopyDemo, dimulai dari index kedua(2), dan ditempatkan di wadah copyTo dari index 0 sampai index 5.
Ø  System.out.println(new String(copyTo)); //  , menampilkan wadah array yg bernama copyTo
Ø  Outputnya adalah interm
5.      Berikan Penjelasan kesimpulan tentang objek materi presentasi perkelompok anda !
Ø                                      Package & Interface
Kesimpulannya :
Package mempermudah dalam penyimpanan karena package akan meletakkan pada satu direktori. Package juga membantu programmer dalam mencari dan menggunakan nama class dan mengonmtrol akses. Mendeklarasikan sebuah interface pada dasarnya mendeklarasikan sebuah class tetapi sebagai penggantinya menggunakan kata kunci class, kata kunci interface digunakkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar