Rabu, 13 November 2013

Posisi Tidur Ini Bikin Wajah Anda Berjerawat



Saat adanya jerawat di wajah tentunya bisa membuat banyak orang merasa jengkel. Bagaimana tidak? Adanya jerawat wajah itu membuat penampilan seseorang jadi kurang sempurna dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang yang menjaga kebersihan wajanhya agar tak tumbuh jerawat.


Jerawat yang tumbuh di wajah biasanya tumbuh menyebar di daerah T. Hal tersebut dikarenakan area hidung dan dahi memiliki minyak yang berlebihan atau cukup tinggi dari area wajah yang lain. Selain kulit berminyak, ada pemicu lain yang menyebabkan jerawat. Misalnya, kurangnya melakukan perawatan kulit wajah, terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak, kurang minum dan mengosumsi makanan berserat, dan lain sebagainya.

Lalu, tahukah Anda posisi tidur juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat di wajah? Tidur pada posisi sama yang terlalu lama bisa menyebabkan jerawat di wajah. Dilansir dari Female.Kompas.com, dr Eddy Karta, SpKK, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan bahwa jika Anda selalu tidur dalam posisi yang sama, maka berpotensi berjerawat di satu bagian saja. Sebagai contoh, Anda terlalu sering tidur miring ke kanan. Hal tersebut bisa menimbulkan jerawat di pipi kanan saja, sedangkan yang kiri tidak. Tumbuhnya jerawat di satu pipi ini disebabkan oleh reaksi kulit dengan bahan sarung bantal. Dikarenakan dipakai dalam waktu yang cukup lama, maka sarung bantal menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Bakteri yang menempel itu bisa berasal dari kulit Anda sendiri atau lingkungan sekitar. Oleh karena itu, Anda disarankan agar mengganti-ganti posisi pada saat tidur agar wajah tidak berjerawat. Selain itu, rajinlah mengganti sarung bantal, dan hindari memakai sarung bantal berbahan polyester dan lycra. Sarung bantal berbahan seperti itu bisa menghambat regenerasi kulit mati dan menutup kelenjar keringat. Akibatnya, keringat tak berjalan baik dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar