Selasa, 26 November 2013

sejarah multimedia



Pada penulisan blog kali ini akan membahas seputar tentang “Multimedia”. Sebelum kita mengetahui pengertian multimedia itu sendiri, terlebih dahulu mengetahui sejarah dari perkmbangan multimedia.
Kata multimedia itu sendiri awalnya bukan dari computer tetapi berawal dari teater. Karena pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
Akhir tahun 1980-an system multimedia dimulai dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple tahun 1987 dan pengumuman IBM-nya tahun 1989 mngenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adhapter card ps/2. Pada tahun 1994 ada lebih dari 700 produk diperkirakan system multimedia telah dipasarkan. Multimedia memungkinka para pemakai komputet untuk mendapat output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. Selain itu pemakai juga dapat meliat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik. Beberapa system multimedia lainnya pun bersifat interaktif, yang memungkinkan para pemakainya memilih output dengan mouse dan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi tersebut.
Di Indonesia sendiri sudah memasuki era industry multimedia dan sudah banyak dioperasikan. Pemahaman masyarakat Indonesia tentang multimedia lebih kepada salah satu pencapaian teknologi pada personal computer(PC).
Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata multimedia terdiri dari multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi.
Sedangkan menurut Wahyu Wijayadi dalam sebuah makalah sebuah seminar yang diselenggarakan Indosat yang berjudul ”Perkembangan Teknologi Multimedia dan Implementasinya”, multimedia terdiri dari (1) unsur suara, (2) unsur gambar atau video, (3) unsur teks/data, (4). terpadu dalam satu media penyampaian, (5). Interaktif/bukan informasi satu arah. Sedangkan jenis jasa multimedia terdiri dari dua, yaitu berdiri sendiri (stand alone/off line), dan terhubung dengan jaringan telekomunikasi (network-online).



Lira Elvani || 14110044 || 4KA17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar