Rabu, 30 April 2014

99% Virus Ponsel Pilih Serang Android

Perusahaan sistem keamanan F-Secure melaporkan bahwa sebanyak 99 persen virus ponsel pintar menyerang perangkat berbasis Android. Sementara kemungkinan platform iOS, Windows Phone, atau BlackBerry diserang malware sangat kecil.

Melansir Ubergizmo, Rabu (30/4/2014), F-Secure mengungkap laporan ancaman pada perangkat mobile di kuartal pertama 2014. Perusahaan keamanan tersebut menemukan sebanyak 277 virus baru muncul di awal 2014 ini. F-Secure juga mengatakan, virus-virus tersebut hampir semuanya menjadikan ponsel Android sebagai target serangan.

Selain Android, target lain yang diserang virus ponsel adalah sistem operasi Apple iOS, dan OS jadul Symbian. Namun platform Symbian sudah banyak tak dipakai dan akan mati dalam waktu dekat, diasumsikan virus ponsel Symbian juga akan mati bersama sistem operasinya.

Pada dasarnya, virus yang menyerang Android ini tak bertujuan mencuri data pribadi atau password pengguna ponsel. Malware-malware itu dikembangkan oleh developer pembuat virus untuk menambang uang virtual bernama Bitcoin dengan memanfaatkan ponsel Android. Dampak bagi ponsel Androidnya adalah  proses program yang tak penting serta baterai ponsel yang kerap dan cepat habis.

Nama-nama virus tersebut di antaranya termasuk Tor Trojan, dan salah satu virus pertama Trojan yang berkembang di komputer Windows dan kini beralih ke ponsel berbasis Android. Salah satu cara pengguna untuk memproteksi ponselnya dari malware tersebut ialah dengan hanya memercayakan unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi Android, yakni Google Play Store. Pasalnya perusahaan keamanan menyebutkan toko aplikasi pihak ketiga bisa menjadi sarangnya virus.

http://techno.okezone.com/read/2014/04/30/325/977959/99-virus-ponsel-pilih-serang-android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar